Posted on Leave a comment

Setelah Naskah Diterima, Ini 4 Tahapan Yang Dilakukan Jasa Cetak Buku

jasa cetak buku

Seperti apa alur produksi yang dilakukan jasa cetak buku? Anda yang sedang menyiapkan naskah beserta desain sampul perlu mengetahui tahapan yang dilakukan penyedia layanan tersebut. Dengan begitu, apabila ada kendala, Anda bisa segera memberikan masukan atau solusi agar membantu mereka menjaga prosesnya berjalan lancar.

Tahapan produksi cetak buku

Setelah Anda mengirimkan dokumen, berikut tahapan yang akan dilakukan layanan cetak buku:

1. Konfirmasi ke percetakan

Konfirmasi diperlukan untuk memastikan status naskah Anda. Hal ini meliputi jadwal cetak, jenis kertas serta mesin yang dipakai, tipe sampul, hingga penjilidan yang mereka lakukan. Tahap ini pun makin krusial sifatnya saat Anda tak bisa datang ke tempat.

Anda juga dapat memberikan catatan khusus kalau diperlukan. Pastikan semuanya sudah sesuai keperluan cetak serta anggaran yang dialokasikan.

2. Memasuki tahap cetak buku

Percetakan yang dilakukan penyedia jasa cetak buku dapat mencakup pengaturan gambar serta finishing untuk hasil yang optimal. Anda pun bakal ditawari dua jenis metode: print om-demand atau offset. Konsultasikan apabila Anda belum mengenal cara kerjanya.

Cetak offset umumnya ditujukan untuk pemesanan skala besar. Sementara print on-demand hanya dilakukan berdasarkan jumlah pesanan yang masuk.

3. Cek kualitas serta jumlah eksemplar

Apa Anda memilih print on-demand sebagai metode cetak? Sempatkan waktu untuk memeriksa kualitas buku serta menghitung jumlah eksemplar yang dihasilkan. Sejumlah percetakan biasanya akan menanggung kelebihan apabila kuantitasnya berada di atas yang Anda pesan.

Pemeriksaan pada tahap ini juga memungkinkan Anda meminta perbaikan kepada penyedia jasa. Karena kalau sudah finishing, akan sulit menanganinya.

4. Distribusi hingga pemasaran buku

Anda perlu merancang alur distribusi hingga strategi yang digunakan buat kebutuhan promosi. Syukurnya, kemajuan teknologi telah memudahkan tahap ini melalui munculnya media sosial. Anda dapat memanfaatkannya untuk berjualan sekaligus branding.

Siapkan juga sistem pemesanan yang akan memudahkan konsumen membeli produk. Jadi, Anda bakal lebih mudah mengawasi hasil penjualan.

Semoga Anda menemukan jasa cetak buku yang mengikuti tahapan ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.